Cara sederhana membuat katalog elektronik

 

 

Software ProcurementKatalog elektronik menjadi sebuah strategi pemasaran yang cukup jitu karena dapat memamerkan produk secara lebih modern dan profesional. Di dalam sebuah katalog, biasanya memuat keunggulan sebuah produk dan informasi detail mengenai speknya. Tapi jika Anda tidak memiliki budget untuk menyewa jasa desain, Anda dapat membuatnya sendiri dengan teknik mudah di bawah ini!

Sediakan kamera

Kamera yang baik untuk memfoto produk adalah kamera tipe DSLR. Namun jika Anda tidak punya, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan gadget yang Anda punya saja. Membuat katalog elektronik sebenarnya cukup sederhana. Anda cukup memiliki kamera dengan resolusi yang tinggi, untuk menghasilkan foto yang tajam. Kamera smartphone juga bisa asalkan pikselnya besar.

Saatnya jepret!

Namanya katalog produk, hal paling utama dalam proses pembuatannya tentu pengambilan gambar. Jika kamera Anda kurang canggih, jangan khawatir. Anda bisa mengakalinya dengan mengambil foto di bawah sinar matahari. Objek dengan pencahayaan maksimal akan dapat ditangkap oleh lensa kamera dengan baik. Pastikan background fotonya polos. Background yang sering dipakai untuk foto produk katalog elektronik biasanya white space.

Siapkan informasi produk

Selesai foto-foto, daftarlah semua produk yang Anda miliki beserta ukuran, tipe dan lain sebagainya. Jika perlu, kumpulkan testimonial dan review dari para pelanggan setia Anda.

Layout katalog

Selesai melakukan proses diatas, Anda dapat menata produk di dalam katalog beserta informasinya. Jika pengetahuan Anda tentang desain hanya minim, ada banyak template untuk membuat katalog secara online. Template gratis ini biasanya memiliki tema yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Website seperti Canva.com adalah salah satu website yang menyediakan ratusan template katalog dalam berbagai ukuran. Anda cukup memasukkan info dan foto yang sudah Anda ambil tadi ke dalam template tersebut.

Yang perlu diperhatikan!

Selanjutnya, perhatikan layout katalog tiap lembarnya. Pertimbangkan estetika dan penempatan fotonya. Setelah selesai, Anda dapat mengunduhnya dan melakukan konversi ke PDF lalu menggabungkannya menjadi sebuah buku digital. Baik PDF converter maupun PDF merge – software nya bisa didapatkan secara gratis di Google.

Untuk membuat katalog elektronik yang bagus, Anda dapat mencari inspirasi di Pinterest ataupun website lain. Selain itu, terus mempelajari tren terbaru agar katalog Anda selalu dinamis. Nah, gimana? Gampang kan membuat katalog elektronik sendiri? Selain hemat budget, Anda juga bisa berkreasi sesuka hati. Selamat mencoba!