Honda Jazz dari Masa ke Masa 

Apa yang menciptakan Honda Jazz bekas masih tidak sedikit dicari sebagai hatchback perkotaan Tanah Air? Datang dari mobil Honda Indonesia, mobil kompak ini ternyata mengalami perubahan yang membuatnya semakin mengasyikkan untuk dikendarai. Di samping mengulik apa saja yang terjadi selama pertumbuhan mobil ini, simak pula promo Honda Jazz 2020 yang diserahkan akhir tahun ini.untuk pembelian mobil bermerek honda bisa kunjungi honda banjarmasi

 

Sejarah Honda Jazz

Dikenal pun dengan nama Honda Fit di sejumlah negara, Honda Jazz adalahsupermini atau kendaraan kompak dari Segmen-B kepunyaan Honda. Hatchback lima pintu ini debut perdana pada tahun 2001 dan ketika ini sudah menjangkau generasi keempat yang diperkenalkan pada pertengahan tahun 2020 lalu.

Popularitasnya mendunia. Dimana Jazz diproduksi di sepuluh pabrik Honda di delapan negara dan dijual ke semua dunia. Sebagai di antara mobil Honda Indonesia yang diproduksi di dalam negeri, penjualan globalnya bahkan mencapai nyaris 5 juta unit pada pertengahan 2013.
Awalnya Jazz berbagi platform dengan model kecil global Honda, tergolong Honda City, Airwave, Mobilio generasi kesatu, dan Honda Freed. Jazz dikenal sebab menggunakan desain satu kotak atau monospace dengan interior yang dapat dikonfigurasi ulang, menawarkan volume kargo yang kompetitif di segmennya.

Honda pernah merilis versi hybrid dari Jazz bertema petroleum-electric pada Oktober 2010 dan di Eropa pada 2011. Sayang model itu tak pernah masuk ke Indonesia. Begitu pun dengan Honda Jazz EV bertenaga listrik yang dijual di Amerika Serikat pada Juli 2012 dan Jepang pada bulan berikutnya.

 

Generasi pertama  Honda Jazz

Honda Jazz mulai meluncur di Jepang pada tahun 2001 mengenakan nama Honda Fit. Honda akhirnya membawa mobil ini dan dijual ke sekian banyak negara, tergolong di Eropa, Afrika sampai Australia. Honda Jazz 2019 menjadi tahun ke-16 kemunculan mobil Honda Indonesia ini.

Generasi kesatu menawarkan tampilan yang kompak dengan desain yang lumayan menarik. Bahkan harga mobil Honda Jazz bekas generasi kesatu masih tetap stabil dan tidak sedikit dicari di pasar mobil bekas Tanah Air sebab ketangguhan dan mesin yang bengal di jalanan.Ketika diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2003, Jazz mesti berlomba dengan segmen hatchback kompak lainnya seperti Chevrolet Aveo, Peugeot 206/207, sampai Volkswagen Golf. Popularitasnya langsung meruak, bahkan sukses mencatatkan penjualan wholesales 24.844 unit pada tahun kesatunya.

Gaya sporty yang diserahkan Jazz memang lumayan membedakannya dikomparasikan model beda di segmen hatchback kala itu. Desain yang menawan dengan lampu depan meruncing ke depan disandingkan grille mungil pada fascia depan.Memang teknologi yang dipakai masih minim, tanpa lampu proyektor layaknya Jazz ketika ini. Menariknya, desain spion masih dijaga hingga generasi ketiga yang dijual di Indonesia. Begitu pula dengan ekstra kaca pada pilar A guna mengurangi blind spot saat berkendara.

Jazz generasi kesatu berkode GD3 memakai mesin 1.5L berkode L15A yang telah dilengkapi teknologi pengapian Intelligent-Dual Sequential Ignition atau iDSI yang dapat mengantarkan tenaga maksimal 87 PS pada 5.500 rpm serta torsi puncak 128 Nm pada 2.700 rpm.Namun Honda membawa peningkatan pada mesin dengan mengenalkan mesin baru dengan kapasitas yang sama tetapi sudah memakai teknologi VTEC, atau Variable Valve Timing & Lift Electronic Control yang lebih bertenaga dan lebih efisien. Tenaganya meningkat menjadi 110 PS dan torsi 143 Nm.

Jazz varian tertinggi bahkan telah mendapatkan sekian banyak fitur teranyar kala itu. Harga mobil Honda Jazz bekas yang lumayan terjangkau membuatnya menjadi di antara pilihan hatchback yang lumayan diminati. Mengingat mobil keluaran Eropa mempunyai banderol yang lebih mahal.Kelebihan Honda Jazz dikomparasikan pesaingnya terletak dari interior yang ergonomis dan lapang, meski muncul dalam dimensi yang kompak. Fleksibilitas di dalam kabin dipertegas dengan kehadiran Ultra Seat, bagaimana Honda menempatkan konfigurasi kursi di dalam kabin.

Ultra Seat Honda Jazz mempunyai tiga mode utilitas; melipat kursi belakang guna membuat ruang yang datar, long cargo mode dengan melepas beberapa kursi belakang serta kursi penumpang sampai memuat bawaan sepanjang 2.4 meter, serta tall-cargo mode dengan melipat dudukan kursi belakang untuk barang dengan tinggi 1.3 meter.

 

Generasi kedua

Honda mulai mengenalkan ubahan kesatu dari Jazz pada ajang Tokyo Motor Show tahun 2007. Tampilan luarnya mendapatkan evolusi yang lebih modern. Tapi yang sangat berbeda ialah wheelbase mobil: Jazz generasi kedua diciptakan lebih panjang dikomparasikan sebelumnya.

Dikenal pun dengan kode GE8, harga mobil Honda Jazz saat mendapatkan evolusi memang bertambah sedikit dikomparasikan edisi sebelumnya. Tapi sekian banyak peningkatan tampilan dan teknologi yang ditawarkan membuatnya semakin mengesankan.

Perubahan yang ditemukan pada unsur kabin ialah dashboard yang menerima penambahan teknologi. Jika sebelumnya dashboard diciptakan agak kaku dan hanya dapat memutar tape biasa, Jazz sekarang dapat memutar CD guna menemani pengemudi sekitar berkendara.

Pada unsur eksterior terlihat sejumlah perubahan, tergolong lampu depan yang lebih banyak dan desain grille yang diciptakan lebih lebar. Meskipun begitu, nuansa sporty dari model hatchback kompak Honda tak tidak sedikit berubah dikomparasikan generasi sebelumnyaUbahan lainnya tergolong pada sistem mesin yang menemukan peningkatan. Masih memakai mesin berkapasitas 1.5L dan teknologi i-VTEC yang sama dengan generasi sebelumnya, tenaganya diciptakan lebih besar dengan daftar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.800 rpm.

Sejak tahun 2008, Honda Jazz dijual di Indonesia dalam tiga tipe. Dimana varian entry level ialah tipe A, kemudian ada Jazz S dan Jazz RS yang datang sebagai varian tertinggi. Dari segi teknologi yang diberikan, Jazz RS mempunyai semua sistem dan fitur yang ditawarkan Honda untuk JazzPada tahun 2011, Jazz menerima penyegaran guna mempercantik tampilan luarnya. Jazz S dan Jazz RS menemukan revisi pada unsur bumper depan dan belakang, grille yang diciptakan lebih modern, lampu depan bergaya baru, dan peningkatan lampu kabut untuk menambah visibilitas.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengenalkan perubahan baru pada tahun 2013. Semua varian Honda kesudahannya dilengkapi dengan teknologi Dual Front SRS Airbag dan sistem pengereman ABS+EBD. Membuat Honda Jazz bekas masih tidak sedikit dicari walaupun umurnya tak lagi muda.

 

Generasi ketiga

Dibandingkan kedua generasi mula Honda Jazz, jelas tampak bagaimana Honda hendak memberikan tampilan yang lebih modern saat memperkenalkan generasi ketiga pada tahun 2014. PT HPM mengenalkan Jazz pada bulan Juni 2014 untuk dijual setahun berikutnya.

Desain luarnya mendapatkan evolusi radikal, tergolong desain grille baru dan lampu depan yang lebih tipis. Menawarkan tampilan yang lebih canggih dengan kehadiran lampu depan LED telah dilengkapi proyektor dan DRL LED guna tipe tertinggi. Lampu kabut bareng desain bumper melengkapi ubahan depannya.Lekukan bodi diciptakan lebih agresif dari samping sampai sisi belakang. Jazz masih menjaga model tangkai spion yang ada pada pintu dan kotak kaca kecil pada sisi pilar A. Velg memakai model dual tone berukuran 16 inci, dibungkus ban Bridgestone Turanza 185/55 R16.

Tetap menghadirkan mesin berkapasitas 1.5L, namun kali ini memakai model L15Z1 yang juga dipakai pada Honda Mobilio. Tenaganya menjadi 122 PS serta torsi maksimal 145, menjadi yang terbesar di kelasnya yang disalurkan ke roda depan.

Disediakan dalam tiga opsi varian serta dua opsi transmisi, yakni manual 5-percepatan dan CVT, HPM pernah membawa satu model eksklusif yang diserahkan nama Black Top Limited Edition yang meluncur pada gelaran Indonesia International Motor Show bulan September di tahun yang sama.

Jazz menemukan dua evolusi minor. Yang kesatu pada tahun 2016 dimana Honda menghadirkan desain head unit bergaya floating yang baru, ekstra bantalan pada airbag penumpang, serta velg yang didesain ulang.

Tampilannya diciptakan modern dengan lampu depan berteknologi baru pada Honda Jazz RS melewati revisi tahun 2017. Dari segi handling dan performa yang diberikan, Jazz dapat dibilang masih menjadi yang terbaik di kelasnya berkat keterampilan bermanuver yang lincah dan harga Honda Jazz bekas yang tetap stabil di pasaran.

 

Generasi keempat

Honda Jazz 2019 disinggung adalahtahun terakhir generasi ketiga dipasarkan. Pasalnya model global Honda Jazz 2020 yang diperkenalkan pada pertengahan tahun menyerahkan perubahan yang lumayan signifikan, menghadirkan tampilan futuristik dikomparasikan edisi sebelumnya.

Sayangnya di Indonesia, Honda Jazz 2019 masih menjadi opsi varian teranyar yang ditawarkan, tanpa evolusi sejak facelift terakhir diperkenalkan 2017 silam. Begitu pula dengan penjualan Honda Jazz 2020 yang masih stagnan dampak pandemi COVID-19.