Kunci Kombinasi

Distributor peralatan safety jakartaKunci kombinasi adalah jenis kunci yang menggunakan urutan angka atau simbol untuk membuka kunci. Urutan biasanya permutasi spesifik daripada kombinasi yang sebenarnya. Urutan dapat dimasukkan menggunakan satu dial berputar yang berinteraksi dengan beberapa disc atau cams, atau dengan menggunakan satu set beberapa disc berputar dengan angka tertulis yang langsung berinteraksi dengan mekanisme penguncian.

 

 

 

Kunci multi-dial

Salah satu jenis kunci kombinasi yang paling sederhana, yang sering digunakan dalam situasi keamanan rendah adalah kunci sepeda, yang menggunakan beberapa cakram berputar dengan takik yang dipotong. Kunci diamankan dengan pin dengan beberapa gigi di atasnya yang mengait ke cakram yang berputar. Ketika takik pada cakram sejajar dengan gigi pada pin, kunci dapat dibuka. Kunci ini dianggap sebagai salah satu jenis kunci kombinasi yang paling tidak aman.

Membuka kunci multi-dial tanpa kombinasi tergantung pada sedikit ketidakteraturan dalam pemesinan komponen. Kecuali kunci dikerjakan dengan tepat, saat pin ditarik ke luar, salah satu gigi akan menarik lebih kuat daripada yang lain pada cakram yang sesuai. Disk ini kemudian diputar sampai terdengar bunyi klik, yang menunjukkan bahwa gigi telah menempel pada takik. Prosedur ini diulangi untuk disk yang tersisa, menghasilkan kunci terbuka, dan kombinasi yang tepat, dalam waktu yang sangat singkat.

 

Kunci satu tombol

Kunci kombinasi yang terdapat pada gembok atau brankas dapat menggunakan satu tombol yang berinteraksi dengan beberapa cakram atau kamera paralel. Biasanya, kunci jenis ini dibuka dengan memutar putaran searah jarum jam ke angka pertama, berlawanan arah jarum jam ke angka kedua, dan seterusnya secara bergantian hingga angka terakhir tercapai. Cam biasanya memiliki lekukan atau takik, dan ketika kombinasi yang benar dimasukkan, takik sejajar, memungkinkan kait masuk ke dalamnya dan membuka kunci.

Kunci kombinasi jenis ini umumnya lebih aman daripada kunci multi-dial, tetapi beberapa di antaranya memiliki kelemahan. Misalnya, gembok kombinasi awal yang dibuat oleh Master lock dapat diretas dengan menarik belenggu kunci dan memutar tombolnya hingga berhenti; setiap angka dalam kombinasi dapat diungkapkan dengan cara ini.

Model gembok Master yang lebih baru dengan pelat angka 40 posisi memiliki kelemahan mekanis yang dapat memberikan angka terakhir dalam kombinasi, dan dua angka pertama memiliki hubungan matematis dengan angka terakhir. Kelemahan ini mengurangi jumlah kemungkinan kombinasi dari 64.000 menjadi hanya 100, yang dapat dicoba dalam waktu yang relatif singkat.

Gembok murah sering kali rentan terhadap penggunaan ganjal gembok, yang dapat digunakan untuk melepaskan belenggu tanpa memasukkan kombinasi.

Desain lainnya

Banyak pintu menggunakan kunci kombinasi yang mengharuskan pengguna memasukkan urutan numerik pada keypad untuk memudahkan masuk. Kunci khusus ini biasanya memerlukan penggunaan sirkuit elektronik tambahan.

Keunggulan utama dari sistem ini adalah jika digunakan untuk pintu kantor yang besar, setiap karyawan dapat diberi tahu nomor kode tanpa harus memberikan kunci kepada setiap orang.

Namun kerugiannya, adalah jika nomor kode ditemukan oleh seseorang di luar situs grup yang diinginkan atau tidak diubah secara teratur, ini dapat memungkinkan akses mudah ke penyusup potensial.